Langsung ke konten utama

Fakta Haid dan Pembalut


  25 Fakta Haid & Pembalut 

1. Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah lepasnya selaput lendir dari dinding rahim yang berkaitan dengan siklus hormonal. Tidak ada patokan kapan wanita akan mengalami haid untuk pertama kali. Misalnya ada perempuan yang mendapatkan haid pada usia 9 tahun, tapi ada juga yang baru mendapatkan haid pada usis 14 tahun. Haid terjadi ketika hormone seks wanita mulai berkembang dan mulai terjadi ovulasi dmana sel telurnya mulai matang. Itulah yang mempengaruhi siklus haidnya.
2. Selama sel telur yang dmiliki berjumlah banyak dan normal, tidak ada dampak apapun ketika haid dating pertama kali di usia muda. Begitu juga jika haid pertama dating di usia 14 tahun asalkan jadwal haid teratur setiap bulan. Lain halnya jika haid tidak teratur dan sel telurnya tidak bias berovulasi, kemungkinan ia tidak bisa hamil.
3. Haid yang normal bisa dilihat dari lamanya had berlangsung. Biasanya 5-7 hari, jika lebih atau siklusnya tidak teratur berarti terjadi gangguan hormonal.
4. Gangguan hormonal yang menyebabkan menstruasi tak normal bisa disebabkan stress, pemakaian obat pelangsing, penggunaan KB hormonal, atau factor lainnya.
5. Berhubungan seks saat haid sangat dilarang, sebab serviks (leher Rahim) dalam keadaan terbuka dan darah yang keluar bisa masuk lagi ke dalam kemaluan. Ini bisa menyebabkan infeksi dan beresiko penyakit endometriosis.
6. Ternyata, perempuan yang sedang haid tidak dianjurkan berenang. Secara logika, ketika berada di dalam air, tekanan air menjadi tinggi dan bisa jadi darah haid tidak keluar, aapalagi kalau
menggunakan pembalut. Tapi, ketika kita melakukan aktifitas didalam air, kemungkinan darah keluar sangat tinggi. Higienitas pun termasuk alasan mengapa berenan saat haid sangat tidak dianjurkan.
7. Meski sudah biasa berolahraga berat, sebaiknya pilih olahraga ringan saat sedang datang bulan. Karena ketika haid kondisi tubuh cenderung menurun.
8. Di dunia medis, dikenal istilah “selaput darah buntu”, kondisi ini bisa membuat perempuan susah haid. Normalnya, selaput darah posisinya terbuka. Bentukya seperti lingkaran disekitar vagina dimana ujungnya berlubang untuk mengeluarkan darah. Dan jika selaputnya tertutup harus dioperasi.
9. Jika saat haid tidak sakit sama sekali atau saat diperiksakan ke dokter tidak ditemukan penyakit apapun, sebaiknya jangan sembarangan minum obat.
10. Darah menstruasi tidak selalu berwarna merah, karena darah terlalu lama di dalam vagina dan teroksidasi sehingga berubah warna. Darah haid yang keluar tidak 100% darah, tapi juga campuran dari selaput lendir dari dinding rahim yang lepas (endometrium) dan sel darah mati.
11. Mengapa darah haid berbau amis? Layaknya belerang yang memiliki bau khas, darah menstruasipun memiliki partikel yang mengeluarkan bau amis, jadi bukan karena darah yang keluar itu kotor sehingga menyebabkan bau.
12. Barangkali anda termasuk yang percaya bahwa meminum air es saat haid bisa menimbulkan kista. Sebenarnya itu tidak berpengaruh, karena sistem pencernaan dan reproduksi kinerjanya terpisah dan makanan setelah masuk ke mulut akan dubah suhunya untuk menyesuaikan dengan keadaan lambung. Artinya, air es tidak mempengaruhi aliran darah haid. Tapia da baiknya tidak terlalu sering minum es, karena tubuh kita tidak terlalu membutuhkan es, dan minum es setelah makan bisa menyebabkan lemak-lemak menempel pada dinding usus (gemuk).
13. Pernahkah mendengar kalau orang haid tidak boleh keramas? Menurut pandangan islam ini berhukum makruh (boleh dilakukan, namun jika tidak dilakukan lebih baik) karena ditakutkan rambut akan banyak rontok saat tidak suci. Tapi jika merasa terlalu kotor dan ingin membersihkan rambut maka diperbolehkan.
14. Pernahkah kulit di area vagina anda mengalami iritasi saat menggunakan pembalut? Alergi atau iritasi yang dialami wanita saat menggunakan pembalut berbeda-beda penyebabnya. Bisa karena tidak cocok dengan bahan, terlalu tebal atau tipis, pewangi, atau bagian “sayap”. Jika alergi atau iritasi terjadi setelah penggunaan pembalut tertentu, segera ganti pembalut. Jangan merasa rugi dengan pembalut yang terlanjur dibeli serta segera gunakan pembalut merk lain.
15. Cara pertama memilih pembalut yang pas adalah permukaan pembalut harus halus. Permukaan yang kasar mudah menyebabkan iritasi, terutama jika kondisi kemaluan sangat lembab. Kedua, pilih pembalut yang berdaya serap tinggi, agar kemaluan tidak mudah lembab. Ketiga, tidak mengandung pewangi. Dan terakhir, cari pembalut yang bermaterial tidak terlalu padat agar sirkulasi udara disekitar kemaluan tetap terjaga.
16. Bicara soal “sayap” alias wing pada pembalut, semua tergantung kenyamanan si pemakai. Ada yang cocok da nada juga yang tidak suka sebab selangkangan mudah teriritasi karena gesekan.
17. Apakah anda terbiasa mencuci pembalut bekas? Fungsi pembalut untuk menampung darah kotor. Sifatnya yang disposable (dapat dibuang, Red.) memungkinkan produk ini dibuang setelah digunakan. Jika anda mencucinya, gel di pembalut justru akan keluar bersama darah dan mengotori area sekitar, ini malah tidak higienis.
18. Pembalut bekas justru harus disimpan di kantong kertas yang ramah lingkungan sebelum dibuang. Setelah itu, cuci tangan dengan sabun sampai bersih.
19. Kemaluan gatal atau mengeluarkan bau tak sedap harus dicari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Setelah tau penyebabnya, segera atasi dengan mengganti pembalut yang cocok. Jika penyebabnya infeksi segera periksakan diri ke spesialis kulit dan kelamin.
20. Nanas ternyata tidak membuat keputihan, tidak ada penelitian yang membenarkan hal ini. Namun pada beberapa orang, nanas bisa memicu alergi lain yang dideritanya dan bisa berimbas pada keputihan atau gatal.
21. Dalam sehari, perempuan harus mengganti pembalut sesuai dengan volume darah yang keluar. Jika sedang deras, usahakan sesering mungkin mengganti pembalut. Biasanya dihari-hari terakhir darah keluar tidaak banyak lagi, dan bisa mengganti 1-2 kali.
22. Pantyliner sebaiknya tidak terlalu sering digunakan, namun bila harus digunakan sebaiknya digunakan saat masa subur (ovulasi) karena produksi cairan pada fase ini lebih banyak daripada biasanya. Dan jangan menggunakan pantyliner setiap hari karena malas mengganti celana dalam saat basah keputihan. Senantiasa perhatikan kondisi vagina, apakah ada iritasi, alergi, gatal atau lainnya. Jika ada, sebaiknya segera hentikan penggunaan pantyliner.
23. Pilihlah pantyliner atau pembalut yang tidak mengandung pewangi. Kandungan pewangi pada pembalut atau pantyliner berpotensi mengiritas kulit, terutama bagi pemilik kulit kering.
24. Setiap hari, vagina memproduksi cairan yang akan turun bersama dengan kotoran lain dengan bantuan gravitasi bumi. Ketika keluar, cairan lalu menumpuk dibagian luar kemaluan. Itulah mengapa, kita harus membersihkan bagian luar vagina.
25. Benarkah ratus dapat membersihkan vagina? Tuhan menciptakan bentuk vagina seperti itu karena memiliki sistem mekanisme pembersihan sendiri, jadi tidak perlu ratus dan spa vagina

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Physioterapy Specialist ???

Physioterapy Specialist ??? Jika mindsed masyarakat tentang fisioterapis adalah “tukang pijat”, okey tenangin dulu shaaay tarik napas .... gausah pakai hati. Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa menjelaskan dan PDKT sama pasien jadi tidak ada lagi kesalah pahaman tentang profesi kita. Kalau di postingan sebelumnya kita sudah kenalan sama fisioterapi, sekarang kita akan mengenal lebih dekat lagi tentang spesialisasi atau peminatan fisioterapi. Nahlo fisioterapi juga ada spesialisnya, udah macam dokter aja yaa...hehe Sekolah fisioterapi yang ada di Indonesia memang belum sampai di tahap spesialis, tapi spesialisasi di profesi fisioterapi sudah mulai dikenal sejak beberapa tahun terakhir, dikarenakan banyaknya ruang lingkup dan heterogenisasi pasien fisioterapi terutama di rumah sakit. Biasanya yang menuju ke spesialis adalah beberapa fisioterapis yang memiliki klinik mandiri atau yang bekerja di Rumah sakit khusus, misalnya klinik pediatri, klinik stroke, atau

Hymen "Selaput Dara"

Hymen atau Selaput Dara Setiap gadis tidak dilahirkan dengan selaput dara yang serupa. Ada berbagai jenis selaput dara di kalangan gadis. Ada juga gadis yang dilahirkan tanpa selaput dara dan ada juga yang mempunyai selaput dara yang sukar ditembus dan mungkin perlu beberapa hari atau berkali-kali hubungan seksual untuk benar-benar menembusnya. Hymen atau selaput dara adalah suatu lipatan selaput lendir yang menutupi pintu vagina (introitus vagina). Biasanya berbentuk bulat sebagaimana bentuk vagina, tetapi adaj uga yang seperti bulan sabit (bentuk semilunar), bahkan ada yang mempunyai septum (pemisah). Lubang selaput dara yang masih utuh (tidakterkoyak) umumnya hanya dilalui oleh jari kelingking. Pada bayi, kondisi selaput dara cenderung besar dan tebal. Tetapi semakin bayi itu membesar, jaringan selaput dara akan menipis, lebar dan terbuka. Namun begitu, terdapat juga segelintir wanita dilahirkan tanpa selaput dara. Selaput ini ada bermacam-macam bentuk.

Fisioterapi olahraga with Sport Massage

Fisioterapi Olahraga dengan Sport Massage      A.     Sejarah Perkembangan Sport Massage Sport Massage sampai saat ini masih dipakai dibelahan dunia khususnya dikalangan olahragawan dan dunia kesehatan. Massage sendiri merupakan salah satu bentuk manipulasi / teknik melulut atau memijat sederhana yang pertama-tama ditemukan manusia untuk meringankan rasa sakit dan menghasilkan efek lebih baik / kesembuhan dengan cara mengelus-elus/ mengusap perlahan dan halus secara spontan pada sekitar bagian yang sakit.     Data pasti siapa penemu sport massage pertama kali tidak diketahui, berkembang dibanyak negara seperti Cina, India, Yunani, Mesir dan banyak negara lain sehingga berkembang sampai menjadi kebudayaan yang tinggi. Dalam perkembangannya tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemeliharaan tubuh saja tetapi juga sebagai terapi pengobatan. Pertamakali sport massage diperkenalkan dan diaplikasikan untuk para olahragawan adalah negara Yunani dengan maksud untuk menjaga tingk